Senin, September 05, 2011

Apa itu nyeri pinggang?

Nyeri pinggang atau low back oaint (LBP) merupakan kumpulan gejala dimanaanyeri terlokalisasi pada daerah punggung (pinggang) atau menjalar ketungkai dan kaki dengan syarat kondisi spesifik lain yang dapat menyebabkan keluhan tersebut sudah disingkirkan.

Penyebab Nyeri Pinggang ?

Penyebab nyeri nggang atau LBP dibagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu :

  1. JNyeri pinggang akibat factor mekanik
  2. Nyeri pinggang akibat yang bukan karena factor mekanik
  3. Nyeri pinggang yang terkait dengan berbagai gangguan pada orgnan dalam tubuh (organ viseral)

Sumber nyeri pinggang itu sendiri dapat berasal dari otot, ligamnetum, tendon, diskus intervertebratis, saraf (iritasi radiks atau radikulopati lumbai) , arthritis sendi faset, dan sebagainya.

Cara Mencegah Nyeri Pinggang :

  1. Posisi badan tegak saat Mengangkat Beban

Jangan membungkuk saat mengangkat benda berat. Untuk mengangkat benda atau barang berat posisikan badan sedekat mungkin dengan objek, kemudian berkongkoklah dalam keadaan badan tegak lurus.

  1. Duduk dengan posisi benar

Duduk dengan punggung tegak bersandar penuh pada sandaran kursi. Posisikan lutut setinggi atau sedikit lebih tinggi dari panggul. Gunakan penyangga kaki, bila kur terlalu tinggi.

  1. Hindari Duduk terlalu lama

Jika pekerjaan mengharuskan bnyak duduk, lakukan selingan dengan sedikit bangkit dan berjalan sejenak untuk mengurangi ketegangan otot.

  1. Olahraga teratur

Lakukan olahraga teratur tanpa membebani pinggang, antara lain berenang, bersepeda, jalan , maupun senam yang dapat memperkuat dan memelihara stabilitas otot-otot belakang, tenaga jangan terlalu diforsir, lakukanlah sesuai kemampuan.

  1. Pola Hidup Sehat

Terapkan gaya hidup sehat dalam keseharian kita. Hindari rokok dan alcohol. Makan makanan yang mengandung banyak lemak dan asam urat untuk memperlambat terjadinya pengapuran tulang belakang. Penuhi kecukupan kalsium agar tetap kuat.

  1. Hindari Kegemukan

Tubuh terlalu gemuk menyebabkan punggung harus bekerja ekstra keras menopangnya. Kondisi ini memicu munculnya nyeri pinggang. Agar berat badan bisa normal, lakukan olahraga dan batasi jumlah konsumsi makanan. Kurangi karbohidrat dan lemak tetapi perbanyak buah dan sayuran.

Sumber : MediaAAM, Edisi 35 jun-agt’10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar